Rabu, 24 April 2013

Tarian Tradisional


          Tarian tradisional adalah gerakan anggota badan berirama biasanya di iringi dengan bunyi-bunyian, yang di lakukan secara turun temurun sehingga menjadi adat kebiasaan, di lihat dari maknanya, seni tari tradisional memiliki filosofi yang sangat tinggi, bukan hanya sekedar menggerakkan badan. sejak zaman dahulu, nenek moyang kita sudah mencontohkan bagaimana menyampaikan pesan atau nasihat tidak sebatas dengan kata-kata, namun bisa juga di sampaikan melalui tarian dan nyanyian.
           
          Linung Bulen II adalah sebuah desa yang berada di kecamatan Bintang Kabupaten Aceh Tengah, desa ini merupakan salah satu desa yang di siapkan untuk mahasiswa KKN PPM angkatan 2013. Salah satu program KKN PPM 2013 adalah Pelestarian Budaya yang termasuk juga tarian tradisional, walaupun tarian tradisional tidak termasuk program utama mahasiswa namun ketika melihat semangat anak-anak LB II dalam mengenalkan keahlian mereka dalam bidang Tari Tradisional Khususnya tradisional Gayo, mahasiswa KKN PPM yang berada di LB II ingin agar Kelompok Tari yang Ada di desa Linung Bulen di Tampilkan di Festival budaya yang akan di adakan di Pante menye tanggal 5 mei 2013.

        Informasi yang di dapat mahasiswa Saat ini mereka belajar dengan seseorang pemuda yang bernama Sabri yang juga penduduk desa LB II. dengan kesibukannya sabri menyempatkan diri untuk berbagi ilmu dengan anak-anak didiknya, sabri akan fokus mengajar tari ketika akan ada acara di desa Linung Bulen II seperti acara penyambutan saat pernikahan dsb. hasil latihan anak tari desa LB II terlihat mengagumkan saat mahasiswa KKN PPM juga menyaksikan di salah satu acara pernikahan. mahasiswa KKN PPM yakin kalau saja mereka di latih dengan rutin Mereka bisa menjadi penari yang lebih baik lagi dan memang benar akan jadi penari sesuai dengan keinginan mereka.

0 komentar:

Posting Komentar